Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

384 Siswa DiMATSAMA

Meski masih dalam situasi pandemic covid-19, program madrasah harus tetap berjalan. Dengan melakukan penyesuaian di beberapa aspek, apa yang telah ditetapkan atau apa yang menjadi program rutin, diharapkan tetap tak terpengaruh. Begitu pula halnya dengan masa penyambutan peserta didik baru. Di lingkungan madrasah masa penyambutan dan pengenalan tersebut dikenal dengan istilah MATSAMA. Masa Taaruf Siswa Madrasah.

Pada tahun pelajaran ini, kegiatan MATSAMA di MTsN 1 Trenggalek dimulai pada tanggal 13 Juli dan berakhir pada tanggal 15 Juli 2020. MATSAMA pada tahun ini diikuti oleh 384 siswa yang terhimpun dalam 12 rombel (12 kelas). Ya, sampai tahun pelajaran ini, madrasah yang dinahkodai oleh Drs. Agung Wiyoto, M.MPd ini perjenjangnya memiliki 12 kelas. Oleh karenanya, patutlah disebutkan bahwa MTsN 1 Trenggalek adalah sebuah Lembaga Pendidikan tingkat SLTP terbesar, khususnya di lingkup kabupaten Trenggalek.

Terkait dengan situasi covid, MATSAMA dimulai serentak dan dibuka secara resmi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, pada hari senin, 13 Juli yang lalu. Di MTsN 1 Trenggalek, kegiatan pembukaan berlanjut dengan seremonial internal madrasah yang bertempat di GOR (Gedung Olah Raga). Acara penyambutan peserta didik baru disaksikan oleh seluruh dewan guru yang dikoordinasi oleh panitia PPDB. Dalam kesempatan tersebut peserta didik baru diwakili oleh lima anak yang masing-masing didampingi oleh wali murid.

Setelah prakata dari pimpinan madrasah, secara terjadwal, peserta didik baru diajak untuk mengenal dan memahami berbagai hal terkait dengan madrasah. Dengan mengandalkan fasilitas youtube, lagu-lagu yang popular di instansi Kemenag, lagu hymne madrasah sampai dengan Mars Adiwiyata dipertunjukkan kepada peserta didik baru. Melalui pendampingan para wali kelas di grup WA masing-masing kelas VII, peserta didik baru menyaksikan banyak hal. Setelah pemutaran lagu-lagu khas madrasah, secara berturut selama tiga hari, peserta didik menyaksikan profil madrasah, prestasi madrasah, dan tak lupa ekstra kegiatan, seperti, UKS, pramuka, Penalifokra dan lain-lain. Semua penyajian ini disampaikan secara bertahap dari hari Senin sampai Rabu melalui akun youtube madrasah.

Tepat, pada hari Rabu (15/07), pukul 10.00 wib, MATSAMA tahun pelajaran 2020/2021 secara resmi dinyatakan ditutup. Mewakili kepala madrasah, Joko Waluyo Nugroho, S.Pd selaku waka kesiswaan menyampaikan beberapa pesan sekaligus harapan yang khususnya ditujukan kepada perwakilan siswa yang hadir. Salah satu di antaranya, agar para siswa betul-betul memanfaatkan dan memaksimalkan masa-masa belajar mereka. Karena – masih menurut waka kesiswaan – dua puluh atau tiga puluh tahun mendatang para peserta didik yang sekarang baru saja mengikuti MATSAMA akan menggantikan posisi generasi di atas mereka. Tak lupa, moment penutupan inipun juga divideokan dan diupload ke youtube madrasah, sehingga para siswa kelas VII yang mengikuti kegiatan dari rumah tetap dapat menyimak substansi kegiatan dengan baik.

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar