Bimtek E-Learning Madrasah

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Bimtek E-Learning Madrasah

Rabu (1/7) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek menggelar Bimtek. Kali ini Bimtek bertajuk e-Learning Madrasah yang diperuntukkan bagi guru MTs swasta se-kabupaten Trenggalek. Kegiatan dalam lingkup kabupaten tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kongkrit menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama RI dan Kanwil Kemenag Jatim terkait kesiapsiagaan terhadap penyebaran Covid-19 atau Corona Virus.

Sebagaimana disampaikan oleh Kamad MTsN 1 Trenggalek saat membuka acara, bahwa Bimtek tersebut bertujuan melatih para guru dalam pengoperasian e-learning. Sehingga selama pelaksanaan pembelajaran siswa di rumah (learning from home), setiap peserta didik dapat terlayani oleh guru melalui pembelajaran e-learning. “Selama siswa belum bisa ke sekolah, mereka harus tetap belajar di rumah dengan didampingi oleh guru menggunakan Aplikasi e-Learning Madrasah,” demikian ungkap H. Agung Wiyoto, M.M.Pd pada pembukaan Bimtek yang diselenggarakan di GOR kebanggaan MTs yang bersebelahan dengan TMP Karangsoko Trenggalek tersebut.

Bimtek yang dipandu oleh guru asal madrasah setempat ini diikuti oleh para guru dari MTs swasta se-kabupaten Trenggalek dengan antusias. Setiap madrasah swasta yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Trenggalek menugaskan dua orang, satu orang proktor dan satu guru. Dalam impelementasinya acara bimtek ini dibagi dalam dua sesi, yaitu materi dasar seperti penjelasan mengenai pengertian dan fungsi aplikasi e-learning madrasah, dan dilanjutkan hingga pendalaman materi baik untuk guru maupun proktor.

Demi mempertimbangkan efektifitas penyampaian materi, peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok proktor dan kelompok guru. Untuk kelompok guru yang bertindak sebagai tutornya adalah Ita Fatmawati, S.Pd. Guru matematika asal kota Banyuwangi ini langsung mengajak para peserta belajar menggunakan aplikasi e-Learning Madrasah milik MTsN 1 Trenggalek. Dengan belajar sambil praktek aplikasi yang dapat diakses pada laman https://mtsn1trenggalek.online diharapkan dapat memudahkan guru dalam memahami penggunaan e-Learning Madrasah.

Sedangkan untuk kelompok proktor, yang bertindak sebagai pemateri atau tutor adalah Muhamad Fathur Rouf Alfaroni, S.Pd. Guru prakarya pemilik website https://alfaroni.xyz ini menyampaikan materi lanjutan, yaitu tutorial mengonlinekan aplikasi e-Learning Madrasah, baik menggunakan platform hosting maupun non-host. Pada tingkatan ini, pembahasan berlanjut sampai dengan tata cara order hosting hingga instalasi e-Learning Madrasah pada hosting baru.

Di akhir kegiatan, proktor membuat grup WhatsApp sebagai bentuk pendampingan tindak lanjut yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk media sharing problematika e-learning saat masing-masing peserta praktek menjalankan aplikasi pembelajaran online tersebut.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar