EVEN DAN PRESTASI TERUS BERTAMBAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

DI MASA PANDEMI COVID-19, EVEN DAN PRESTASI TERUS BERTAMBAH

Aktifitas Pembelajaran Di Masa Pandemi

Kemunculan dan penyebaran Covid-19 menimbulkan dampak di berbagai lini kehidupan, tak terkecuali di sektor pendidikan. Maka, instansi pendidikan di bawah kementerian agama pun segera menyesuaikan diri. Kebijakan yang kemudian terkenal dengan istilah Learning From Home menjadi satu instruksi yang harus dijalankan warga kementerian yang ber-motto Ikhlas Beramal. Tentu saja ini menuntut penyesuaian-penyesuaian dari semua pelaksana pendidikan, baik guru, murid dan juga orangtua murid.

Terkait dengan target kurikulum yang harus dicapai, pelaksanaan Learning From Home pada tataran praksis ternyata begitu beragam. Hal ini tidak terlepas dari kapabelitas dan tingkat adaptif (terutama) guru terkait dengan teknologi yang memang, diakui ataupun tidak juga variatif. Dari tingkat pusat (kemenag pusat) sudah memfasilitasi program e-learning madrasah. Saat ini program yang menjadi salah satu kebanggaan warga kemenag tersebut di MTsN 1 Trenggalek dapat diakses di www.mtsn1trenggalek.online. Selain menggunakan program tersebut, sebagian guru ada yang memanfaatkan kecanggihan google classroom, form google dan salah satu medsos favorit, yaitu WA. Menurut hasil pengamatan, tagihan kepada siswa dalam hal ini yang berbentuk video penugasan semacam hafalan atau video kreasi ternyata dikirimkan siswa kepada guru menggunakan fasilitas youtube, IG dan google drive. Jadi, bisa disimpulkan bahwa salah satu nilai positif pelaksanaan Learning From Home adalah meningkatkan kapabelitas peserta didik mengenai pemanfaatan teknologi informasi.

Even dan Capaian Prestasi di Masa Pandemi

Meski di masa pandemi, program jalan terus. Kira-kira begitulah motto dari para insan penggiat kepramukaan di tingkat Kwarda Jawa Timur. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di bulan Mei, Kwarda Jatim menyelenggarakan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru ) untuk pramuka penggalang. Kegiatan yang menjadi program rutin pramuka provinsi ini diikuti oleh perwakilan dari kabupaten/kota di  Jawa timur. Setiap kabupaten/Kwartir Cabang mengirimkan 4 orang peserta terpilih, dengan kualifikasi 1 orang Pramuka Penggalang Ramu, 1 orang Penggalang Rakit, 1 orang Penggalang Terap, dan 1 orang pramuka Penggalang Garuda.

Kwarcab Trenggalek mengirimkan 1 orang Penggalang Ramu yang berasal dari pangkalan MTsN 4 Trenggalek, 1 Penggalang Rakit berasal dari MTsN 2 Trenggalek, 1 orang Penggalang Terap dan 1 orang penggalang Garuda mewakili MTsN 1 Trenggalek.

Dianpinru dilaksanakan secara Online, dengan materi sebagai berikut: 1. Leadership 2. Pramuka Garuda 3. Navigasi. Dalam even ini setiap peserta diwajibkan untuk membuat sebuah essay sebagai tugas tulis. Peserta Dianpinru Daerah tahun 2020 diambil 10 peserta terbaik putra dan 10 peserta terbaik puteri.  Alhamdulillah, dalam ajang pelatihan sekaligus penilaian tersebut, duta dari MTsN 1 Trenggalek masuk dalam 10 peserta terbaik putra. Peserta yang mencuatkan nama madrasah di even kepramukaan provinsi tersebut bernama Frisaldi Mey Dwiyanto, kelas 8J.

Prestasi kedua yang juga ikut mengangkat nama madrasah adalah H.Mahsun Ismail, MM. Beliau yang saat ini menjabat sebagai ketua komite madrasah baru saja mendapatkan anugrah sekaligus amanah. Bapak yang juga wali dari salah satu siswa kelas 8 ini pertahun 2020 ini dilantik sebagai Pelatih Pusdiklatnas 2020-2021 Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Terakhir, saat ini penggiat seragam coklat tua coklat muda tingkat provinsi sedang menyelenggarakan perlombaan. Even ini bertajuk Lomba Foto dengan mengambil tema Pramuka Jatim di Rumah Saja. Sebuah perlombaan adu keterampilan mengambil photo yang dikirim ke akun Instagram Kwarda Jatim. Kejuaraan yang ditentukan dengan jumlah liker tertinggi ini sampai saat ini tengah berlangsung. Oleh karena itu, pada url yang terlampir di bawah, mewakili warga MTsN 1 Trenggalek, “Ayo dukung wakil MTsN 1 Trenggalek dalam perlombaan tersebut!”. Caranya mudah saja : silakan klik link tersebut dan berikan like pada foto yang dipastikan mewakili Pangkalan MTsN 1 Trenggalek.

https://www.instagram.com/p/CA2oigmn1DP/?igshid=ge9acxm7py1o

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar