Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Di Tengah Pandemi, 5 Siswa MTsN 1 Trenggalek Dilantik Sebagai Pramuka Garuda

Cita-cita yang menjadi impian setiap anggota pramuka adalah pramuka Garuda. Pramuka Garuda merupakan satu pencapaian tertinggi dalam setiap golongan pramuka. Untuk mencapai tingkatan tersebut tentu melewati beberapa tahapan. Melalui rangkaian proses yang panjang dan rumit dengan mengacu kepada point-point sebagaimana sudah distandardisasikan. Tertuang dalam PP/Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda No. 038 Tahun 2017 tentang Pramuka Garuda, diuji oleh lima tim Penguji, yakni dari unsur orang tua, tokoh masyarat, Gugus Depan, Kwartir Ranting dan terakhir adalah Tim Verifikasi dan Validasi dari Kwartir Cabang.

Semua syarat Pramuka Garuda tersebut satu persatu harus dibuktikan baik dengan pantauan, lisan maupun tulisan. Dan pada gilirannya, semuanya akan terangkum dalam sebuah berkas pengajuan pramuka Garuda yang diketahui, disetujui dan ditanda tangani oleh kelima Tim tersebut di atas.

Setelah melewati proses yang panjang di atas, para calon pramuka Garuda ini akan menjalani tes mental, kemampuan komunikasi, dan berorganisasi oleh Tim penguji dari Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang. Dengan melalui standar penilaian yang tinggi, maka para calon pramuka Garuda ini nantinya diproyeksikan akan siap kembali ke pangkalan dan berorganisasi dengan kemampuan di atas rata-rata jika dibandingkan dengan teman- teman yang lainnya yang menjadi anggota biasa.

Hari Rabu (24 Juni 2020), bertempat di Kwarcab Trenggalek, lima anggota pramuka Penggalang dari MTsN 1 Trenggalek resmi dilantik sebagai pramuka Garuda. Kelima siswa tersebut adalah :

– Alexa Diva Arindy (kelas 8B)

– Dyiraficka Delza Violine (kelas 8I)

– Annisa Rasyanda Putri Parmelia (kelas 8A)

– Ratri Purnama Ayu Pramesti (kelas 8C)

– Frisaldi Mei Dwiyanto (kelas 8J)

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek, H. Mahsun Ismail, S.AG., M.M., sebelum melantik dan mengukuhkan pramuka Garuda dari MTsN 1 Trenggalek, menekankan beberapa hal yang perlu diingat oleh mereka yaitu, bahwa para Pramuka Garuda ini BERTANGGUNG JAWAB kepada Gugus Depan dan Kwartir Cabang, karena yang melantik, yang mengukuhkan dan yang berhak memberikan Penghargaan tertinggi ini adalah Kwartir Cabang.

Kepala Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Gerakan Pramuka ( Kapusdiklatcab ) juga mengingatkan, bahwa pramuka garuda adalah pramuka yang mempunyai dan menguasai Skill, Mental, dan Teknik kepramukaan yang baik. Jadi kemampuan satu orang pramuka Garuda sama dengan tiga orang anggota pramuka biasa. Sehingga pencapaiannya pun cukup sulit dan rumit untuk menyandang gelar pramuka garuda

Bukan hanya itu, bersamaan dengan hari pelantikan pramuka Garuda, saat ini, tanggal 24 Juni s/d 3 Juli Kwarcab Trenggalek menyelenggarakan Dianpinru Cabang 2020. Even pelatihan pimpinan regu ini diikuti oleh pramuka penggalang SMP/MTs Kwarcab Trenggalek .

.

MTsN 1 Mendelegasikan 6 Peserta Terpilih ,yang juga akan direkomendasikan untuk mengikuti Jambore Nasional 2021. Para peserta ini semuanya berasal dari Kelas 7 yang sekarang naik ke kelas 8. Berikut adalah nama-nama peserta Dianpinru Cabang dari MTsN 1 Trenggalek

– M. Hafit Alfansyah ( kls 7J )

– M. Azka Fauzan Amir ( kls 7I )

– M. Abdillah Azam ( kls 7A )

– Silvia Macicha Maulida ( kls 7L )

– Salmadira Arifin ( kls 7D )

– Nabila Shohih Yuanisa ( kls 7K )

Kegiatan pelatihan kali ini dilaksanakan secara Online, dan terutama menggunakan fasilitas youtube

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar