Gara-Gara Sampah di Madrasah, BLANg PROJECT Raih Juara II Lomba Journalist Blog

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Gara-Gara Sampah di Madrasah, BLANg PROJECT Raih Juara II Lomba Journalist Blog

       Sabtu (29/02) prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa-siswi MTsN 1 Trenggalek. Untuk yang kesekian kalinya, BLANg PROJECT tampil mewakili duta madrasah sebagai peraih penghargaan. Nama BLANg PROJECT sendiri terinspirasi dari kelompok anak-anak yang memiliki passion berbeda selain kemampuan akademik. Mulai setahun lalu mereka sering berkumpul untuk membicarakan hobi dan ketertarikan pada bidang kreatif, seperti desain grafis, fotografi atau karya ilmiah. Alhasil, pada tahun ini saja sudah ada tiga kejuaraan yang berhasil diraih. Pertama, sebagai juara 2 Fotografi se-Jatim dalam perlombaan yang digelar oleh SMAN Taruna Nala Malang. Kedua, sebagai juara 2 KIR Respect dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Kediri. Dan yang ketiga, adalah kejuaraan sebagaimana yang menjadi judul berita ini, menjadi menjadi Runner Up atau juara kedua Beat School Contest XIII yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Kediri.

Ketiga pelajar yang tergabung dalam tim BLANg PROJECT pemenang lomba terakhir adalah Ahmad Imam Nabawi sebagai layouter sekaligus ketua tim, Sabrina Najwa Ramadhani sebagai penulis, dan Mauludi Fawwaz Tsany sebagai fotografer. Pada even lomba tersebut, mereka mengangkat tema “Save Planet Without Plastic”. Pada kategori Journalist Blog ini mereka bersaing dengan puluhan tim dari kabupaten/kota lain, termasuk peserta tuan rumah, seperti SMP Kristen Petra dan MTsN 7 Kediri. Simpang Lima Gumul (SLG) Convention Hall menjadi saksi kebanggaan BLANg PROJECT, oleh karena tim ini bisa membawa nama almamater MTsN 1 Trenggalek sebagai penerima penghargaan di Final Party.

 Event School Contest diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Kediri. Even ini  merupakan kompetisi rutin setiap tahun. Pada 2020 ini adalah tahun ke-13 ajang lomba kreatifitas siswa-siswi sekolah tingkat SMP dan SMA se-karesidenan Kediri. Berbagai macam jenis lomba digelar, seperti Dance Competition, Fotografi, PBB Kreasi, Perang Mading, Band Competition, Choir Competition, Menggambar Mewarna, Model Batik, serta Journalist Blog.

Seminggu sebelum awarding, tim journalis blog BLANg PROJECT diwajibkan melakukan wawancara kepada sponsor utama, yaitu pihak Bank Indonesia dan Bank Jatim. Jadi mereka harus sering bolak-balik Trenggalek-Kediri dengan menggunakan angkutan umum bus demi keperluan hunting bahan artikel blog. Sesampai di rumah mereka harus langsung mengerjakan untuk editing lay out blog atau menulis berita, karena deadline yang diberikan hanya sampai hari Sabtu, 29 Februari pukul 11.00 WIB. Dukungan dan  pembinaan dari ekstrakurikuler Penalifokra (Persatuan Jurnalistik, Fotografi, Karya Ilmiah dan Literasi) berhasil menumbuhkan keyakinan personel BLANg PROJECT. Sehingga mereka bertiga yakin, bahwa karyanya akan mampu bersaing dengan peserta lain yang mungkin lebih berpengalaman. Meskipun secara faktual, mereka hanya mendapat sedikit materi dadakan mengenai jurnalisme maupun blog dari pembina.

Menariknya, salah satu artikel blog yang mereka angkat adalah tentang pengelolaan sampah di MTsN 1 Trenggalek. Dalam benak ketiga pelajar yang masih pemula soal dunia blogging tersebut, ide artikel ternyata bersumber dari lingkungan tempat mereka menuntut ilmu selama ini. Ide yang sangat realitistis, jika mengingat bahwa MTsN 1 Trenggalek merupakan madrasah adiwiyata. Penghargaan adiwiyata yang pernah diraih tentu seiring-seirama dengan kepedulian warganya terhadap isu sampah, terutama sampah berbahan plastik. Selengkapnya tulisan mereka seputar penanganan sampah dapat diakses dengan cara mengunjungi url berikut : www.blangproject.blogspot.com

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar