Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Kapolres Resmikan MTsN 1 Trenggalek Jadi Gugus Depan Tangguh Semeru

Bertempat di lapangan tengah madrasah, Kamis (03/09) satu agenda madrasah telah paripurna. MTsN 1 Trenggalek secara resmi naik levelnya, menjadi Gugus Depan Tangguh Semeru. Peresmian ini tidak terlepas dari harapan semua pihak untuk bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka yang ternyata mensyaratkan terbentuknya gugus depan (selanjutnya, disingkat : Gudep) tangguh di lembaga pendidikan terkait. Oleh karenanya, demi tercapainya status tersebut, tim satgas bersama dengan aktivis kepramukaan telah melaksanakan pelbagai macam persiapan. Akan tetapi pada saat hari H pelaksanaan, sepertinya MTsN 1 Trenggalek masih kurang beruntung. Pasalnya, beberapa menit menjelang jadwal mulainya kegiatan, bupati Trenggalek berhalangan hadir. Maka sebagai penggantinya, amanah untuk meresmikan berpindah ke pimpinan Polres Trenggalek.

Gudep Tangguh Semeru adalah sebuah program yang diinisiasi oleh pemerintah daerah kabupaten Trenggalek. Program ini dicetuskan dalam rangka mempercepat penanggulangan pandemi covid-19. Dalam pelaksaannya, pemkab bersinergi dengan Polres Trenggalek, Kodim 0806 dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek. Keterlibatan aktivis pramuka ini bukan tanpa alasan. Mengingat selama ini para penggiat seragam coklat muda dan coklat tua ini dinilai mampu melahirkan generasi yang tangguh, cekatan, berwawasan kebangsaan yang kuat, sehingga layak untuk menjadi suri tauladan bagi masyarakat pada umumnya.

Gudep Tangguh Semeru sendiri mulai diresmikan pada bulan Agustus yang lalu,  bertepatan dengan hari Pramuka yang ke-59. Menurut penuturan dari AKBP (Kapolres Trenggalek), Doni Satria Sembiring, SH, S.I.K., M.Si., saat memberikan sambutan sesaat setelah seremonial peresmian Gudep Tangguh Semeru, bahwa di wilayah Trenggalek sudah ada 21 satkerja yang diresmikan sebagai gudep tangguh. Dengan adanya acara peresmian di Pangkalan MTsN 1 Trenggalek menjadikan madrasah ini menduduki urutan ke-22 satker yang dinyatakan sebagai gudep tangguh.

Kehadiran para pejabat di lingkungan MTsN 1 Trenggalek sudah disetting sedemikian rupa, sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Yaitu, cuci tangan, cek suhu tubuh di area cek point dan menjaga jarak. Tak urung, segala aturan protokol kesehatan yang dijalani segenap yang hadir, mendapatkan apresiasi positif dari Kapolres Trenggalek. Aturan tersebut juga bisa terlihat saat acara menyambut tamu. Sambutan khas terhadap kehadiran tamu yang berupa sajian cucuk lampah dari dua orang siswi berkostum tari menjadi sajian pertama yang bisa dinikmati para tamu undangan. Demi melengkapi hiburan bernuansa tarian, tak berselang lama, sajian tari rupo kembyang disajikan kepada hadirin.

Acara peresmian Gudep Tangguh Semeru MTsN 1 Trenggalek dimulai pukul 08.15 WIB. Selain Kapolres, pejabat yang hadir adalah wakil bupati yaitu Asisten 1 Pemerintahan (Drs. Widarsono, M.M.), Dandim 0806 (Letkol Arh Uun Samson Sugiharto S.I.P., M..I.Pol.), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Trenggalek (Drs H.M Badruddin M.PdI), serta H.Mahsun Ismail, MM, selaku Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek.

Dalam acara peresmian yang berlangsung tidak sampai dua jam tersebut, materi sambutan Kapolres semuanya berkaitan dengan fenomena covid-19. Kapolres yang belum lama bertugas di Trenggalek ini mengingatkan kepada semua pihak perlunya kewaspadaan terhadap adanya covid-19. Karena berdasarkan fakta di lapangan, keberadaan virus corona ini nyata adanya, dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin penyembuh. Oleh karenanya, vaksin yang bisa dimaksimalkan untuk mengantisipasi merebaknya corona adalah vaksin kedisiplinan dari setiap diri manusia. Beliau menambahkan, bahwa istilah 4 sehat 5 sempurna saat ini perlu disesuaikan dengan perkembangan kondisi kekinian. Kalau istilah yang dulu lazim dipakai, semuanya dikaitkan dengan makanan dan minuman, maka kalau sekarang perlu dikembangkan. Dalam konteks masa pandemi covid-19,  4 sehat 5 sempurna itu adalah : 1) gunakan masker, 2) rajin cuci tangan, 3) jaga jarak, 4) olahraga yang teratur, dan 5) makan asupan yang bergizi.

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar