KEGIATAN MTsN 1 TRENGGALEK DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

KEGIATAN MTsN 1 TRENGGALEK DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Tak seorang pun bisa memastikan apa yang bakal terjadi di masa yang akan datang. Ketika Tuhan sudah menetapkan terjadinya sesuatu, respon manusia pun beragam. Begitu juga halnya ketika pandemi covid -19 menjadi satu fenomena yang membutuhkan kesigapan dan kepekaan manusia. Maka pemerintah, dalam hal ini kementerian agama segera menetapkan langkah-langkah kongkrit demi tetap terjaminnya pelayanan pendidikan kepada para anak bangsa.

Terkait dengan kondisi dimaksud, MTsN 1 Trenggalek sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan kementerian agama segera mengimplementasikannya secara taktis. MTs terbesar di lingkup kabupaten Trenggalek ini telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya demi menjamin pelayanan pendidikan kepada para peserta didik. Maka berikut ini pelbagai hal atau program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh MTsN 1 Trenggalek.

Standar bekerja dan belajar di masa pandemic yang terkenal dengan istilah WFH (work from home) dan LFH (learning from home) dilaksanakan sejak tanggal 16 Maret 2020. Di lingkungan area madrasah, sebagai upaya sterilisasi dari kuman ataupun virus, penyemprotan disinfektan pernah dilaksanakan sekali, sebagaimana telah diberitakan di website Kanwil Jawa Timur. Selama pelaksanaan WFH, madrasah yang dinahkodai Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd ini dipastikan selalu ada perwakilan guru yang standby, karena madrasah sudah menjadwalkan guru piket setiap harinya.

Berikutnya yang berkaitan dengan pembelajaran, sebagian sudah diuraikan di berita sebelumnya. Pembelajaran secara online (daring) di tingkat MTsN 1 Trenggalek memanfaatkan pelbagai fasilitas teknologi yang bisa dimanfaatkan. WA, form google, google classroom, youtube, FB, google drive dan elearning madrasah. Terkait dengan kegiatan belajar jauh dan juga respon siswa mengenai pandemi covid-19, ada beberapa karya guru dan siswa yang telah diunggah ke media maya. Berikut link youtube yang bisa diakses :

Materi matematika : https://youtu.be/vDHmFpr2xm8

Materi seni budaya : https://youtu.be/ukLTESv2L8E

Materi Bahasa Arab : https://youtu.be/TRYEdDBaNhk

Yang berikutnya, terkait dengan siswa kelas IX, Ujian Madrasah telah sukses dilaksanakan secara daring, menggunakan HP ataupun laptop, dari 16 April 2020 sampai dengan selesai. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan, dilaksanakan atau dipublikasikan menggunakan website madrasah pada tanggal 5 Juni kemarin. Pada hari H pengumuman, tidak ada seorang pun siswa yang berada di madrasah, karena sebelumnya madrasah melalui para wali kelas, sudah menginformasikan melalui grup WA kelas masing-masing.

Terakhir, kegiatan PAT untuk seluruh siswa kelas 7 dan 8, dilaksanakan pada tangal 2 Juni 2020 sampai tanggal 10 Juni 2020. Penilaian kegiatan belajar mengajar di semester genap di masa darurat covid-19 ini dilaksanakan full mengunakan smartphone ataupun laptop, dimulai pukul 07.00 wib-11.00 wib. Untuk kegiatan akademik ini melibatkan 6 orang proktor dan 1 orang proktor utama, mengingat bahwa jumlah siswa di MTs Negeri 1 Trenggalek yang cukup banyak, mencapai 24 rombel (kelas).

Kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran 2019/2020 diakhiri dengan pembagian raport pada tanggal 20 Juni 2020.  Agenda akhir tahun pelajaran ini direncanakan secara online, setiap siswa dan wali siswa akan mengunduh hasil penilaian tersebut dalam format PDF.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar