Lagi, Karena GELEM Akhirnya Berbuah Trophi

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Lagi, Karena GELEM Akhirnya Berbuah Trophi

Etos kerja berbasis program GERAMM yang dicanangkan Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur dengan salah satu ujung tombaknya yaitu GELEM (Gerakan Literasi Madrasah) kembali menghasilkan prestasi (baca: trophi) bagi MTsN 1 Trenggalek. Sebuah program bernama Gerakan Sekolah Menulis Buku yang telah sukses terlaksana pada medio kedua tahun 2019 yang lalu belum lama ini mendapatkan apresiasi dari sang inisiator.

Bertempat di Graha Wisata Niaga Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (12/03) GMB-Indonesia sebagai inisiator Gerakan Sekolah Menulis Buku menyelenggarakan Festival Literasi Nasional 2020 (FLN 2020). Tepat dua hari sebelum pengumuman Solo darurat Corona oleh sang wali kota. Sederetan acara dikemas demikian rapinya untuk menjamu sekaligus memberikan apresiasi kepada para penggiat literasi di lembaga pendidikan, dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Menurut informasi, program Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter IV yang telah terlaksana di tahun 2019 telah diikuti oleh 700-an lembaga pendidikan yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia. Maka tak ayal, acara yang bertempat di gedung berlantai dua tersebut dihadiri oleh perwakilan lembaga pendidikan dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia. Menjadi kebahagiaan tersendiri ketika admin www.mtsn1trenggalek.sch.id bersama dengan koordinator PENALIFOKRA dan 3 siswa pemenang lomba diberi mandat untuk menghadiri festival tersebut.

Dalam acara yang disupport beberapa lembaga tersebut, MTsN 1 Trenggalek mendapatkan tiga trophi penghargaan. Rincian prestasi dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Juara 1 Sekolah & Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Literasi Tingkat Nasional a.n. Drs.H.Agung Wiyoto, M.M.Pd
  • Juara 1 Guru Berprestasi Bidang Literasi Tingkat Nasional a.n. Masrotun Choiriyah, S.Pd
  • Juara 3 Lomba Menulis Artikel Tingkat SMP/MTs a.n. Alleia Daffa Agustiva (kelas 7F)

Larut dalam atmosfer kegiatan yang meriah, bermakna dan apresiatif dari penyelenggara kegiatan, menjadi pengalaman yang mengesankan bagi para utusan MTs yang berlokasi di sebelah barat TMP Karangsoko Trenggalek tersebut. Terlebih bagi Masrotun Choiriyah, S.Pd., guru IPA yang selama ini diberi amanah sebagai koordinator PENALIFOKRA di madrasah pimpinan Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd. Beberapa saat setelah penerimaan trophi penghargaan, ibu yang memang punya hobi membaca, menulis, baca puisi, serta langganan menjadi petugas MC ini  terlihat diwawancarai panitia. Berikut ini yang disampaikan oleh ibu dari lima anak tersebut sebagai ungkapan pesan dan kesan terkait FLN 2020:

“FLN 2020 ini sangat Luar biasa, semarak dan juga  menginspirasi. Hadirnya tokoh-tokoh milenial Nasional yang sangat menginspirasi,  memotivasi,  memberi semangat untuk berliterasi di segala bidang agar lebih baik lagi. Selain itu kita bisa bertemu dan berinteraksi dengan saudara-saudara setanah air dari berbagai penjuru, tukar pengalaman ataupun sharing untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Festival Literasi Nasional 2020 Semangat Berkarya Membangun Bangsa.”

Seakan ingin terus menggelorakan semangat berliterasi kepada keluarga besar MTsN 1 Trenggalek, Akbar Bagus Wicaksono, S.Pd, selaku Ketua GSMB sembari tersenyum ia sempat berkomentar, “Kalau ada istilah juara umum, maka FLN 2020 yang menjadi juara umum adalah MTsN 1 Trenggalek.”

Semoga pada even tahun berikutnya, MTsN 1 Trenggalek dapat menjaga konsistensi untuk turut serta mendukung dan menyukseskan program GSMB. SEMANGAT BERKARYA MEMBANGUN BANGSA .

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar