Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

SEMARAK HUT PRAMUKA DI PUNCAK BUKIT “NEGERI DI ATAS AWAN”

SELAMAT HARI PRAMUKA. Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Pramuka ke-59, khususnya di Kabupaten Trenggalek. Pasalnya, meskipun upacara peringatan tahun ini masih berada dalam nuansa pandemi covid-19, akan tetapi tidak menghilangkan semangat untuk berinovasi. Hal ini terbukti dengan penentuan lokasi peringatan HUT Pramuka ke-59 yang mengambil lokasi di puncak bukit. Tepatnya di atas bukit Banyon, sebuah bukit yang kerap disebut dengan “negeri di atas awan”. Tempat ini berlokasi di desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Mengingat aturan atau protocol kesehatan yang harus dipatuhi, maka upacara kepramukaan yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 14 Agustus tahun ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang peserta.

Puncak peringatan hari pramuka yang malam sebelumnya telah diawali dengan serangkaian kegiatan ini, menjadi semakin istimewa khususnya bagi warga MTsN 1 Trenggalek. Karena pada acara resmi tersebut, nama madrasah yang berada tepat di sebelah barat TMP Karangsoko Trenggalek ini menjadi salah satu lembaga yang paling sering disebut karena prestasinya.

Upacara yang bertempat di “negeri atas awan” dimulai pada pukul 05.30 WIB. Sengaja dipilihkan waktu sepagi mungkin, sembari menanti munculnya Mentari di ufuk timur yang merupakan panorama paling ditunggu para pengunjung Bukit Banyon. Bertindak selaku pembina upacara adalah Ketua Harian Kwarcab, yaitu Kak Mahsun Ismail, M.M. Dalam sambutannya kak Mahsun mengatakan beberapa hal yang terkait dengan keaktifan dan partisipasi Gugus Depan dalam kegiatan kepramukaan khususnya di tingkat Kwarcab Trenggalek. Beliau juga berharap bahwa aktifitas kepramukaan di setiap pangkalan tetap berjalan, yakni dengan menerapkan program-program inovatif demi menyikapi suasana pandemic.

Selanjutnya, terkait dengan capaian prestasi pangkalan MTsN 1 Trenggalek berikut ini uraiannya:

  1. Juara 1 Potografi dalam Rangka Dianpinru Cabang 2020 (Mendapatkan Trophi Kejuaraan dan Piagam Penghargaan)
  2. Juara 1 Video Inovasi membina di masa Pandemi (Mendapatkan Trophi Kejuaraan dan Tenda Regu)
  3. Juara Harapan 1 Gudep Unggul Administrasi (Mendapatkan Trophi Kejuaraan dan Piagam Penghargaan
  4. Juara 1 Peserta Terbaik Putra Dianpinru 2020 (Mendapatkan Piagam Penghargaan dan Peluang Lolos Calon Peserta Jambore Nasional 2021)
  5. Juara 1 Peserta Terbaik Putri Dianpinru 2020 (Mendapatkan Piagam Penghargaan dan Peluang Lolos Calon Peserta Jambore Nasional 2021)

Selain prestasi di atas, Ketua Harian Kwarcab juga memberikan Anugerah Bintang Pancawarsa kepada Majelis Pembimbing (MABI), Ketua Gugus Depan dan Pembina Satuan MTsN 1 Trenggalek. Yakni:

  1. Kak Joko Waluyo N.., S.Pd; mendapatkan Bintang Pancawarsa III
  2. Kak Mansyur Hidayat, M.Pd.I., mendapatkan Bintang Pancawarsa II
  3. Kak Iswati, M.Pd.I; mendapatkan Bintang Pancawarsa I

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar