WhatsApp Image 2020-02-22 at 21.27.19

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

SISWA MTSN 1 TRENGGALEK JUARA KIR SE-EKS KARESIDENAN KEDIRI

Prestasi membanggakan kembali diraih siswa MTsN 1 Trenggalek. Kali ini trophi penghargaan tersebut dipersembahkan sekelompok siswa yang tergabung dalam tim KIR (Karya Ilmiah Remaja). Tim dimaksud diketuai oleh Adelia Suwarno Putri Maharani dengan anggota Intan Marlinda dan Sabrina Najwa Ramadhani. Ketiga remaja peneliti ini mengambil judul Pemanfaatan Limbah Kelapa Sebagai Alternatif Pewarna Alami Batik Dengan Tiga Fiksasi (Falimpada Sebagai Petikmigas).

Even yang bertajuk RESPEC (RESEARCH AND PAPER COMPETITION) adalah agenda rutin tahunan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh OASE SMA NEGERI 1 KEDIRI dalam rangka membangun budaya riset bagi siswa siswi smp/mts se eks karesidenan Kediri.

Sebelumnya, pada tahun 2019 dua tim KIR dari MTsN 1 Trenggalek sebenarnya juga lolos di final RESPEC. Akan tetapi ketika itu belum berkesempatan meraih kejuaraan. Pada tahun 2020 ini penggiat riset yang berada dalam naungan PENALIFOKRA  (Persatuan Jurnalistik-Literasi-Fotografi dan Karya Ilmiah Remaja) kembali berkompetisi, mengirimkan empat duta terbaiknya untuk mengikuti even ini.  Namun dua tim yang  berhasil lolos masuk ke final. Selain tim putri, ada tim putra yang diketuai oleh Firdan Ihsanul In’am dengan anggota M. Ali Firdaus dan Andin Dio Prakosa Perdana. Tim putra ini mengambil judul Pemanfaatan Limbah Puntung Rokok Sebagai Media Penyemaian Sayuran.

Keberhasilan tim KIR putri (kelompok Adelia, dkk) meraih juara II ini tentu melewati persiapan dan proses yang cukup panjang. Semuanya tidak terlepas dari keuletan dan kesabaran anggotanya yang solid di bawah bimbingan Masrotun Choiriyah, S.Pd selaku koordiator ekstra PENALIFOKRA. Di sela-sela aktivitas belajar menghadapi try out, persiapan ujian serta mengerjakan tugas-tugas sekolah lainnya, mereka masih merelakan waktunya untuk berjibaku dengan penelitian dan penyelesaian full paper. Hampir tiap hari mereka pulang menjelang Maghrib dan bahkan terkadang kegiatan itu membuat mereka pulang agak malam.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar